Minggu, 12 Juni 2016

Statistik Pendidikan : Teknik Kolerasi Tata Jenjang Rho Spearman



Teknik korelasi tata jenjang dalam dunia statistik dikenal sebagai teknik analisis korelasional yang paling sederhana jika dibandingkan dengan teknik analisis korelasional lainnya. Dalam bagian ini akan dibicarakan korelasi antara dua variabel. Korelasi ini dikenal dengan nama korelasi pangkat. Derajat hubungan yang mengukur korelasi pangkat dinamakan koefisien korelasi pangkat atau koefisien korelasi spearman.
Misalkan pasangan data hasil pengamatan (X1, Y1),(X2,Y 2), . . . . . .,(Xn, Yn) kita susun menurut urutan besar nilainya dalam tiap variabel. Nilai Xi disusun menurut urutan besarnya, yang terbesar diberi nomor urut atau peringkat 1 , terbesar kedua diberi peringkat 2 , terbesar  ketiga diberi peringkat 3 dan seterusnya sampai kepada nilai Xi terkecil diberi peringkat n. Demikian pula untuk variabel Yi. Sekarang kita bentuk selisih atau beda peringkat Xi dan peringkat Yi yang data aslinya berpasangan. Sebutlah beda ini bi.
Pada teknik korelasi tata jenjang ini, besar-kecil atau kuat-lemahnya korelasi antara variabel yang sedang kita selidiki korelasionalnya, kita ukur berdasarkan perbedaan urutan kedudukan skornya (rank of difference). Jadi bukan didasarkan pada skor hasil pengukuran yang sebenarnya.
Dengan kata lain, datanya adalah data ordinal atau data berjenjang atau data urutan. Misalnya: siswa yang IQ-nya menempati jenjang (ranking) paling tinggi, juga menempati jenjang paling tinggi dalam hal prestasi belajar Matematika; siswa yang IQ-nya paling rendah, prestasi belajar Matematikanya juga menempati jenjang yang paling rendah.
Tabel 1.
Siswa
Jenjang IQ
Jenjang Studi Matematika
A
5
5
B
1
1
C
3
3
D
2
2
E
4
4

Teknik analisis korelasional tata jenjang ini dapat efektif digunakan apabila subjek yang dijadikan sampel dalam penelitian lebih dari 9 tetapi kurang dari 30. Dengan kata lain N antara 10-29. Karena itu apabila N sama dengan atau lebih dari 30, sebaiknya jangan digunakan teknik korelasi ini.

Pada teknik kolerasi tata jenjang ini angka indeks korelasinya dilambangkan dengan huruf  (baca: Rho). Seperti halnya rxy maka angka indeks prestasi  ini besarnya berkisar antara 0,00 sampai dengan 1,00.

Untuk mencari (menghitung)  dipergunakan rumus sebagai berikut.
Atau:
 = Angka Indeks Kolerasi Tata Jenjang
6 & 1 = Bilangan konstan (tidak boleh diubah-ubah)
D = Difference, yaitu perbedaan antara urutan skor pada variabel pertama (R1) dan urutan skor pada variabel kedua (R2); jadi D = R1 – R2
N = Number of cases, dalam hal ini adalah banyaknya pasangan yang sedang dicari kolerasinya.

Untuk memberikan interpretasi terhadap angka indeks korelasi tata jenjang,terlebih dahulu kita rumuskan hipotesis alternatif dan hipotesis nol-nya :
Hₐ : ada korelasi positif yang signifikan antara variabel I dan variabel II
Hₒ : tidak ada korelasi positif yang signifikan antara variabel I dan variabel II
Setelah diperoleh angka indeks korelasi tata jenjangnya (yaitu:rho), lalu kita berikan interpretasi dengn menggunakan tabel  nilai  dengn df = N, baik ada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Jika  kita peroleh dalam perhitungan (yaitu: ₒ) sama dengan atau lebi besar dari pada harga  yang tercantum dalam Tabel (yaitu: t , maka hipotesis nol ditola;sebaliknya hipotesis alternatif disetujui apabila ₒ lebih kecil dari pada t, maka hipotesis nol disetujui; sebaliknya hipotesis alternatif ditolak .

Ada tiga macam cara mencari  (menghitung) Rho yaiu:
1.                 Dalam keadaan tidak terdapat urutan yang kembar
2.                 Dalam keadaan terdapat urutan yang kembar dua, dan
3.                 Dalam keadaan terdapat urutan yang kembar tiga buah atau lebih.
Pada pembicaraan berikut akan dikemukakan contohnya satu persatu:
1.                Cara mencari (menghitung) dan memberikan interpretasi terhadap angka indeks korelasi tata jenjang yang tidak terdapat urutan yang kembar.
Misalkan sejumlah 10 orang mahasiswa yang dikenal sebagai tokoh penting organisasi ekstrauvirsiter di sebuah perguruan tinggi ditetapkan sebagai sampel dan penelitian yang antara lain bertujuan untuk menguetahui apakah memang secara signifikan terhadap korelasi positif antara: keaktifan mereka dalam berorganisasi ekstrauvirsiter (variabel I) dan prestasi studi mereka di fakultas (variabel II).
Dari kegiatan penelitian tersebut, berhasil diperoleh data berupa skor yang menunjukan tingkat keaktifan para mehasiswa tersebut dalam organisasi ekstrauvisiter, dan skor yang menunjukan maen prestasi studi mereka di fakultas, sebagaimana terlihat ditabel 2.
Langkah yang perlu ditempuh untuk mencari angka indeks korelasi Rhonadalah sebagai berikut :
Langkah 1 : menyiapkan tabel kerja atau tabel perhitungannya. (lihat tabel 3. berikut ini.)
Langkah 2 : menetapan urutan kedudukan skor yang terdapat pada variabel 1 (yaitu: R )
Tabel 2.
Skor tentang Keaktifan dalam Organisasi Ekstrauniversiter dan Skor tentang Prestasi Studi dari Sejumlah 10 Orang Mahasiswa pada sebuah Fakultas.
Nomor Urut:
Nama
Skor
Keaktifan dalam Organ.Ekstra
(I)
Mean Prestasi Studi
(II)
1.
A
37
63
2.
B
41
45
3.
C
38
60
4.
D
44
50
5.
E
35
65
6.
F
43
52
7.
G
40
55
8.
H
42
47
9.
I
36
64
10.
J
39
59

Langkah 3 : Menetapkan urutan kedudukan skor yang terdapat pada variabel II (yaitu: R2).
Langkah 4 : Menghitung perbedaan ururtan kedudukan untuk masing-masing pasangan yang dikorelasikan (D=R1 – R2).
Langkah 5 : Menguadratkan D (yaitu: D2); setelah selesai lalu dijumlahkan, sehingga diperoleh =321.
Langkah 6 : Menghitung Rho dengan rumus:
Telah diketahui: ; sedangkan N = 10.
Dengan demikian:
Langkah 7 : Memberikan interpretasi terhadap Rho.
Dari perhitungan diatas ternyata Rho kita peroleh sebesar: -0,891.
Dengan melihat data yang terdapat didepan angka indeks korelasi tersebut (yaitu: tanda “minus”), maka hal ini mengandung arti bahwa antara keaktifan berorganisasi ekstra-univeraiter dan prestasi studi di fakultas terdapat korelasi yang berlawanan arah (korelasi negatif), dalam arti: makin aktif seorang mahasiswa dalam kegiatan organisasi tersebut, diikuti dengan makin menurunya prestasi belajar di fakultas.
Tabel 3.
Tabel Kerja/Tabel Perhitungan untuk Mencari Angka Indeks Kolerasi Rho
Nomor Urut:
Nama
Skor
Rank
D=R1 – R2
D2
I
II
I=R1
I=R2
1.
A
37
63
3
8
-5
25
2.
B
41
45
7
1
6
36
3.
C
38
60
4
7
-3
9
4.
D
44
50
10
3
7
49
5.
E
35
65
1
10
-9
81
6.
F
43
52
9
4
5
25
7.
G
40
55
6
5
1
1
8.
H
42
47
8
2
6
36
9.
I
36
64
2
9
-7
49
10.
J
39
59
5
6
-1
1
Total
10 = N




0 =
312 =

Selanjutnya, terhadap Rho sebesar 0,891itu kita berdasarkan interpretasi dengan berkonsultasi pada tabel nilai Rho. Df = N = 10.
Dengan df sesebesar 10, diperoleh Rhotabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,648; sedangkan pada taraf signifikan 1% Rho diperoleh sebesar 0,794. Dengan demikian Rho yang kita peroleh dalam perhitungan (yaitu sebesar 0,891) adalah jauh lebih besar dari pada Rho tabel. Karena itu Hₒ ditolak.
Kesimpulan kita: memang secara signifikan keaktifan dalam organisasi ekstrauversiter berkorelasi positif dengan prestasi studi para mahasiswa tersebut difakultas.
2.                 Cara mencari (menghitung) dan memberikan interpretasi terhadap angka indeks tata jenjang, dimana terdapat urutan kedudukan yang kembar dua.
Apabila dalam mencari (menghitung) angka indeks korelasi tata jenjang didapati skor yang kembar dua yang baru pula bahwa disini terdapat dua urutan kedudukan yang sama-maka urutan yang kembar itu harus dijumlahkan, kemudian dibagi dua,
Misalkan sejumlah 10 orang mahasiswa ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian yang antara lain bertujuan untuk mengetahui apakah secara signifikan terdapat korelasi positif antara keaktifan berkunjung ke perpustakaan Universitas dan Prestasi Belajar mereka difakultas.
Dan yang berhasil dikumpulkan menunjukkan angka sebagai berikut:
Pada table 4. kita lihat bahwa baik pada variabel I maupun variabel II, masing-masing terdapat dua buah skor yang kembar (untuk variabel I skor yang kembar adalah 30, sedangkan untuk variabel II skor yang kembar  adalah 60). Karena ada skor yang kembar sudah tentu urutan kedudukannya pun akan kembar pula dalam keadaan demikian maka untuk memperoleh angka indeks korelasi tata lenjang disini proses perhitungannya adalah seperti dapat diperiksa pada table 5.
Tabel 4.
Skor tentang Keaktifan 10 Orang Mahasiswa Berkunjung ke Perpustakaan Universitas, dan Skor yang Menunjukkan Mean Hasil Belajar Mereka di Fakultas.
Nomor Urut:
Nama
Skor Yang Menunjukkan
Keaktifan Berkunjung Ke Perpustakaan Universitas
Mean Nilai Hasil Belajar Di Fakultas
1.
A
28
(60)
2.
B
35
72
3.
C
16
54
4.
D
41
64
5.
E
(30)
68
6.
F
44
78
7.
G
11
45
8.
H
23
(60)
9.
I
(30)
70
10.
J
19
57

Tabel 5.
Tabel Perhitungan untuk Mencari Angka Indeks Kolerasi Tata Jenjang yang Terdapat Skor Kembar Dua.
Nama
Skor
Rank
D=R1 – R2
D2
I
II
I
II
A
28
(60)
5
0,5
0,25
B
35
72
8
9
-1
1
C
16
54
2
2
0
0
D
41
64
9
6
3
9
E
(30)
68
7
-0,5
0,25
F
44
78
10
10
0
0
G
11
45
1
1
0
0
H
23
(60)
4
-0,5
0,25
I
(30)
70
8
-1,5
2,25
J
19
57
3
3
0
0
10 = N




0 =
13,00 =

Dua buah skor 30 pada variabel I mestinya menempati urutan kedudukan ke-6 dan 7; tetapi karena kembar maka keduaurutan kedudukan itu kita jumlahkan (6+7)=13 lalu kita bagi dua =6,50. Demikian juga skor 60 dan 60 pada variabel II mestinya menempati urutan keddukan ke-4 dak 5; karena kembar maka kedudukannya = (4+5) : 2=4,5.
Dari perhitungan pada tabel 5. telah kita peroleh  sedangkan N=10. Dengan demikian dapat kita cari angka indeks korelasi Rho:
Interpretasi:
Kita merumuskan terlebih dahulu Hₐ dan Hₒ nya:
Hₐ =    ada korelasi positif yang signifikan antara keaktifan para mahasiswa berkunjung keperpustakaan universitas dan prestasi studi mereka difakultas.
Hₒ =    tidak ada korelasi positif yang signifikan antara keaktifan para mahasiswa berkunjung keperpustakaan universitas dan prestasi studi mereka difakultas.
df =     N = 10. (konsultasi tabel nilai Rho)
Dengan df sebesar 10, diperoleh Rhotabel  pada taraf signifikansi   5% sebesar 0,648; sedangkan paada signifikansi 1% Rhotabel diperoleh sebesar 0,794.
Dengan demikian Rho yang kita peroleh dalam perhitungan (yaitu 0,921) adalah  jauh lebih besar  daripada Rhotable (yaitu 0,648 dan 0,794). Dengan demikian Hipotesis nol ditolak.  Berarti ada korelasi positif yang signifikan antara Variabel I dan Variabel II.
Kesimpulan kita, tinggi-rendahnya prestasi studi para mahasiswa di fakultas erat sekali hubungannya dengan keaktifan mereka dalam mengunjungi (memanfaatkan fasilitas) Perpustakaan Universitas; dalam arti: Pemanfaatan fasilitas studi para mahasiswa di fakultas.
3.                 Cara mencari (menghitung dan memberikan interprestasi terhadap angka indeks korelasi tata jenjang, di mana terdapat urutan kedudukan yang kembar tiga atau lebih dari tiga).
Teknik menghitung rata-rata kedudukan skor yang kembar dua seperti baru saja dikemukakan di atas tadi, di kembangkan oleh Du Bois, akan tetapi perhitungan rata-rata dari jumlah urutan yang kembar itu di pandang cukup tepat apabila urutan yang kembar itu hanya dua buah. Jika urutan kedudukan yang kembar itu tiga buah atau lebih, maka perlu dilakukan perhitungan yang lebih teliti, yaitu dengan mencari “urutan kedudukan yang kita harapkan” (=Re),  dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Re = Rank (urutan kedudukan) yang kita cari (kita harapkan)sehubungan dengan terjadinya kekembaran.
MR = Mean (nilai rata-rata Hitung) dari Rank (urutan kedudukan) skor kembar.
n = Banyaknya  skor yang kembar.
1 dan 12 = Bilangan konstan (tidak boleh diubah-ubah).
Misalkan kita memiliki data seperti tertera Tabel 6.
Pada Tabel 6. dapat kita saksikan bahwa untuk variabel I terdapat empat buah skor 30 (skor 30 kembar empat), sedangkan untuk variabel II  terjadi kekembaran skor 60 sejumlah lima buah.
Tabel 6.
Skor tentang Keaktifan 10 Orang Mahasiswa Berkunjung ke Perpustakaan Universitas dan Skor Yang Menunjukkan Mean Hasil Belajar Mereka di Fakultas
Nomor Urut:
Nama
Skor Yang Menunjukkan
Keaktifan Berkunjung Ke Perpustakaan Universitas
Mean Nilai Hasil Belajar Di Fakultas
1.
A
28
(60)
2.
B
(30)
72
3.
C
16
(60)
4.
D
41
(60)
5.
E
(30)
54
6.
F
44
64
7.
G
(30)
78
8.
H
33
(60)
9.
I
(30)
45
10.
J
19
(60)

Proses perhitungan untuk mencari Rho dalam keadaan seperti ini adalah sebagai berikut:
Pertama-tama kita cari lebih dahulu urutan kedudukan dari masing-masing skor pada Variabel I dan Variabel II:
Variabel  I:
Urutan ke-1        : skor 16
Urutan ke-2        : skor 19
Urutan ke-3        : skor 23
Urutan ke-4        : skor 28
MR  =    = 6,5;
jadi MR 2 = 42,25
Urutan ke-5        : skor 30
Urutan ke-6        : skor 30                           
Urutan ke-7        : skor 30                           
Urutan ke-8        : skor 30
Urutan ke-9        : skor 41
Urutan ke-10     : skor 44

Dengan demikian dapat kita cari Re untuk variabel I:
Sekarang kta cari urutan kedudukan skor variabel II:
Urutan ke-1        : skor 45
Urutan ke-2        : skor 54
MR  =   = 5;
jadi MR 2 = 25.
Urutan ke-3        : skor 60  
Urutan ke-4        : skor 60
Urutan ke-5        : skor 60
Urutan ke-6        : skor 60                           
Urutan ke-7        : skor 60                           
Urutan ke-8        : skor 64
Urutan ke-9        : skor 72
Urutan ke-10     : skor 78
Dengan demikian dapat kita cari Re untuk variabel II :

Marilah kita hotung angka indeks korelasi Rho melalui tabel kerja/tabel perhitungan .
Tabel 7.
Perhitungan Mencari Angka Indeks Korelasi Rho yang Urutan Kedudukannya Kembar Tiga Atau Lebih dari Tiga.
Nama
Skor
Rank
D=R1 – R2
D2
I
II
I
II
A
28
(60)
4
5,2
-1,2
1,44
B
(30)
72
6,6
9
-2,4
5,76
C
16
(60)
1
5,2
-4,2
17,64
D
41
(60)
9
5,2
3,8
14,44
E
(30)
54
6,6
2
4,6
21,16
F
44
64
10
8
2
4,00
G
(30)
78
6,6
10
-3,4
11,56
H
33
(60)
3
5,2
-2,2
4,84
I
(30)
45
6,6
1
5,6
31,36
J
19
(60)
2
5,2
-3,2
10,24
10 = N




0 =
122,44 =

Dari perhitungan diatas, kita peroleh  = 122,44. Dengan demoikian dapat kita peroleh Rho :

Kita rumuskan Hipotesis alternatif dan hipotesis nolnya:
Hₐ =    ada korelasi positif yang signifikan antara keaktifan para mahasiswa berkunjung keperpustakaan universitas dan prestasi studi mereka difakultas.
Hₒ =    tidak ada korelasi positif yang signifikan antara keaktifan para mahasiswa berkunjung keperpustakaan universitas dan prestasi studi mereka difakultas.
df =     N = 10. (konsultasi tabel nilai Rho).
Dengan df sebesar 10 diperoleh Rhotabel  pada taraf signifikansi 5% = 0,648 dan apada taraf signifikansi  1% = 0,794. Ternyata Rho yang kita peroleh dari perhitungan ( ) adalah lebih kecil dari pada  (0,648> 0,258 <0,794). Denga demikian Hₐ ditolak; berarti : tidak ada korelasi positif yang signifikan antara keaktifan para mahasiswa mengunjungi perpustakaan universitas dan nilai hasil belajar mereka difakultas; sebaliknya Hₒ disetujui karena terbukti kebenaranya.

1.                Di bawah ini adalah penilaian dua orang juri terhadap delapan orang peserta perlombaan. Dinyatakan dalam peringkat, mudah dilihat bahwa  juri I memberi peringkat 1 untuk E, peringkat 2 untuk B dan seterusnya peringkat 8 untuk D. juri II member peringkat 2 untuk E dan akhirnya peringkat 8 untuk C. Hasilnya, beserta nilai yang perlu untuk penggunaan rumus XIX(3) dapat dilihat dalam Daftar XIX(7)  
Tabel 8.
Penilaian Dua Orang Juri
Peserta
Juri I
Juri II
A
B
C
D
E
F
G
H
70
85
65
50
90
80
75
60
80
75
55
60
85
70
90
65








Tabel 9.
Peringkat Dari Dua Orang Juri
Peserta
Peringkat Juri I
Peringkat Juri II
Beda(D)
D2
A
B
C
D
E
F
G
H
5
2
6
8
1
3
4
7
3
4
8
7
2
5
1
6
2
-2
-2
1
-1
-2
3
1
4
4
4
1
1
4
9
1
jumlah
-
-
-
28

Dari Rumus didapat:
                                  =   1         =  0,6667
2.          Daftar berikut  adalah contoh untuk menghitung  apabila terdapat peringkat seri atau data  yang sama besarnya.
Tabel 10.
Data Pengamatan Dan Peringkat Untuk X Dan Y
Xi
Yi
Peringkat Xi
Peringkat Yi
Beda D
D2
96
82
63
57
82
90
90
74
87
90
150
95
75
75
110
100
140
83
100
92
1
6,5
9
10
6,5
3
3
8
5
3
1
6
9,5
9,5
3
4,5
2
8
4,5
7
0
0,5
-0,5
0,5
3,5
-1,5
1
0
0,5
-4
0
0,25
0,25
0,25
12,25
2,25
1
0
0,25
16
jumlah

-
-
-
32,5

Dengan 2i    =  32,50 dan N = 10, maka didapat:
              =   1  -    =  0.8031


DAFTAR PUSTAKA

 

Hadi, S. (2015). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar